Sunday, June 1, 2014

FIFA WORLD CUP 2014

Semarak piala Dunia 2014

Halo teman - teman , kali ini saya akan memposting tentang piala dunia yang sebentar lagi akan berlangsung pada tanggal 12 Juni 2014. pasti udah pada ga sabar pengen liat tim kesayangan kalian berlaga di piala dunia. pengennya sih bisa liat indonesia ikut berlaga juga . ya tapi mungkin belum waktunya kali ya, kita doakan saja semoga Indonesia bisa berjuang untuk sampai ke piala dunia di tahun - tahun mendatang.
nah, langsung aja nih kita masuk ke pembahasan.
Piala dunia FIFA 2014 adalah Piala Dunia FIFA ke-20, turnamen sepak bola internasional yang akan di adakan pada tahun 2014 di Brazil.
Ini adalah kedua kalinya Brazil menjadi tuan rumah pada turnamen ini (setelah 1950), brazil akan menjadi negara ke 5 yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia lebih dari satu kali, setelah Meksiko, Italia, Perancis dan Jerman. Turnamen ini juga merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang di adakan di Amerika Selatan sejak 1978 di Argentina. Sebelumnya tidak ada negara Amerika Selatan yang menjadi tuan rumah lebih dari sekali.

Tempat penyelenggaraan

12 kota tuan rumah untuk Piala Dunia FIFA 2014 diumumkan pada tanggal 31 Mei 2009. Adapun kota - kota beserta stadion nya akan saya bahas di bawah .

Stadion Maracanã

Stadion Jornalista Mário Filho atau biasanya dipanggil Stadion Maracanã merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Amerika Selatan dan Brasil. Memiliki kapasitas 95.000 kursi. Dipakai untuk pertandingan final Piala Dunia FIFA 1950 dan Piala Dunia FIFA 2014.
Stadion ini merupakan markas klub CR Flamengo dan Fluminense FC.

Stadion Nasional Mané Garrincha

Stadion Nasional Brasília Mané Garrincha, juga dikenal sebagai Stadion Nasional Mané Garrincha, Stadion Nasional Brasília atau hanya Mané Garrincha, adalah stadion sepak bola dan arena serbaguna yang berada di Brasilia, Distrik Federal, Brasil. Stadion ini hanyalah salah satu dari berbagai struktur yang membentuk Kompleks Olahraga Ayrton Senna. Dibuka pada tahun 1974, stadion ini memiliki kapasitas 45.200 orang. Setelah renovasi pada 2010-2013, kapasitasnya akan ditingkatkan menjadi 71.400 orang.

Arena Corinthians
 Arena Corinthians, merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di São Paulo, Brazil. Stadion ini adalah markas masa depan bagi klub SC Corinthians Paulista. Stadion ini menjadi stadion terbesar kelima di tingkat atas dalam Liga Brasil dan stadion kesebelas terbesar di Brasil, dengan kapasitas tempat duduk 48.234 kursi.

Castelão (Ceará)
 Estádio Plácido Aderaldo Castelo, disebut juga sebagai Castelão (pelafalan dalam bahasa Portugis: [kasteˈlɐ̃w]) atau Gigante da Boa Vista, merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Fortaleza, Ceará, Brasil. Memiliki kapasitas 67.037 kursi. Dipakai untuk pertandingan sepak bola dan digunakan sebagai tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia 2014.


Mineirão
Mineirão (pelafalan dalam bahasa Portugis: [minejˈɾɐ̃w]), secara resmi Estádio Governador Magalhães Pinto (Stadion Gubernur Magalhães Pinto) didirikan pada tahun 1965 dan berlokasi di Belo Horizonte, adalah stadion sepak bola terbesar di negara bagian Minas Gerais, Brasil, dan kedua terbesar di negara tersebut setelah Stadion Maracanã. Stadion ini akan menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan pada Piala Konfederasi FIFA 2013, Piala Dunia FIFA 2014, dan Olimpiade Musim Panas 2016 yang akan diselenggarakan di Brasil.
Arena Fonte Nova
 Kompleks Olahraga dan Budaya Octávio Mangabeira (nama resmi bahasa Portugis: Complexo Esportivo Cultural Octávio Mangabeira) atau Itaipava Arena Fonte Nova (nama karena alasan sponsor) atau yang lebih dikenal dengan Arena Fonte Nova adalah stadion sepak bola yang terletak di Salvador, Brasil. Pada awal Januari 2013, pengerjaan stadion ini telah mencapai 90%, menjadikannya sebagai stadion keempat yang tahap pembangunannya paling maju dari dua belas stadion lainnya yang akan menjadi tuan rumah Piala Konfederasi 2013 maupun Piala Dunia 2014.
Arena Pantanal
 Arena Pantanal adalah stadion sepak bola yang sedang dibangun di kota Cuiabá, negara bagian Mato Grosso untuk menggantikan Stadion José Fragelli, dikenal sebagai "Verdão", yang telah dihancurkan. Stadion baru ini, dibangun sesuai dengan semua persyaratan FIFA, akan menjadi tuan rumah empat pertandingan Piala Dunia FIFA 2014. Kapasitas penontonnya diperkirakan mencapai 42.968 orang. Total investasi dari proyek ini adalah 518,9 juta real Brasil.

 Arena Amazônia
 Arena da Amazônia merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Manaus, Amazonas, Brasil. Memiliki kapasitas 42.374 kursi. Digunakan sebagai tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia 2014.


 Arena das Dunas
Arena das Dunas adalah stadion sepak bola dan kompleks serbaguna yang sedang dalam tahap pembangunan di kota Natal, di negara bagian Brasil, Rio Grande do Norte. Stadion ini terletak di distrik Lagoa Nova, antara BR-101 dan Avenida de Morais Prudente, dua jalan arteri utama kota.

 Arena da Baixada
 Estádio Joaquim Américo Guimarães, sering disebut sebagai Arena da Baixada adalah sebuah stadion sepak bola di wilayah Água Verde, Curitiba, Paraná. Dibuka pada tahun 1914, stadion ini adalah kandang bagi klub Atlético Paranaense, yang juga memiliki dan mengoperasikan stadion ini. Stadion ini akan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan tuan rumah Piala Dunia FIFA 2014.


 Itaipava Arena Pernambuco
Itaipava Arena Pernambuco merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di São Lourenço da Mata, Brasil. Memiliki kapasitas 46.154 kursi. Dipakai untuk pertandingan sepak bola dan digunakan sebagai tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia 2014.




Stadion Beira-Rio
 Stadion Beira-Rio (Estádio Beira-Rio), atau secara resmi bernama Stadion José Pinheiro Borda (Estádio José Pinheiro Borda), adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Porto Alegre, Brasil. Stadion ini berfungsi sebagai markas dari klub SC Internacional. Stadion ini dinamai berdasarkan nama José Pinheiro Borda, seorang insinyur Portugis tua yang mengawasi pembangunan stadion ini selama bertahun-tahun. Sayangnya, ia meninggal sebelum sempat melihat stadion ini selesai. Stadion ini dijuluki Beira-Rio (secara harfiah berarti 'pinggir sungai') karena terletak di sepanjang pinggiran Sungai Guaíba.

Jadwal pertandingan piala dunia 2014



Maskot
sebuah armadillo yang melindungi dirinya dari predator dengan cara menggulung menyerupai bola, dipilih sebagai maskot resmi oleh FIFA di acara yang diselenggarakan oleh panitia lokal pada September 2012.Maskot tersebut dipilih dari 47 desain yang dibuat oleh enam agen Brasil setelah riset pasar yang menunjukkan daya tariknya kepada target penonton utama anak-anak berusia 5-12 tahun.
Maskot yang saat itu tidak memiliki nama pertama kali dikenalkan kepada publik pada saat segmen berita acara Brasil Fantástico.Pemungutan suara secara online dilakukan guna untuk menentukan nama dari tiga calon nama yang disediakan, dengan nama pemenang yang diumumkan pada 25 November 2012: 1.7 juta orang (sekitar 48 persen) memilih Fuleco, diikuti Zuzeco (31 persen) dan Amijubi (21 persen).
"Fuleco" merupakan portmanteau dari kata "Futebol" ("Football") dan "Ecologia" ("Ecology") (Selain itu, julukan yang diakhiri dengan kata -eco sangat populer di Brasil). Dua nama yang tidak terpilih adalah Amijubi ("Amizade" ("Friendship") dan "Júbilo" ("Joy")) serta Zuzeco ("Azul" ("blue") dan "Ecologia" ("Ecology")).
 Bola resmi Piala Dunia 2014 adalah Adidas Brazuca. Nama itu dipilih oleh pemungutan suara yang memperoleh lebih dari 1 juta suara dari penggemar sepak bola di Brasil; "Brazuca" menerima lebih dari 70 persen jumlah suara. Adidas, pemasok bola resmi pertandingan Piala Dunia FIFA sejak 1970, mendapatkan inspirasi dari unsur budaya Brasil, dua bola lainnya yang dipilih adalah Bossa Nova dan Carnavalesca .
Di Indonesia Piala dunia akan di siarkan di beberapa televisi yaitu TV ONE, ANTV.

Nah, segitu aja info dari saya. untuk lebih memeriahkan euforia FIFA 2014  silahkan download lagu jinggle FIFA 2014 Disini

referensi : wikipedia id


Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment